3 Poin Utama Saat Belajar Bahasa Inggris

Jujur selama 6 tahun aku belajar bahasa Inggris dari SMP hingga SMA tidak banyak materi yang aku mengerti. Bagiku dulu bahasa Inggris susah sekali untuk dikuasai. Bahkan untuk membuat satu kalimat dalam bahasa Inggris yang benar sesuai grammar dan tenses pun aku kesulitan. Menurut persepsiku belajar hanya berpaku pada materi pada LKS, atau buku-buku paket sejenisnya yang urut sesuai bab. Sehingga bukan menjawab apa yang kita inginkan untuk cepat bisa menulis, berbicara, mendengarkan kalimat berbahasa Inggris, justru kita dibuat bingung olehnya.

Maka dari itu aku lebih cepat mudah menangkap materi secara belajar online lewat internet. Sebab di sini kita bisa menemukan apa yang saat ini kita butuhkan. Misalnya membuat kalimat yang benar, penggunaan kata hubung, dsb.

Belajar bahasa Inggris sebenarnya tidak sesulit yang aku kira. Hanya saja kita harus tahu poin utama dalam belajar bahasa Inggris, darimana harus memulainya. Apakah dari penguasaan Tenses, kosakata, grammar, atau yang lainnya.

Secara pribadiku poin utama yang harus kita kuasai saat belajar bahasa Inggris ada 3 hal yaitu, Vocabulary, Grammar, dan Tenses.

Mari kita bahas satu per satu ketiga poin di atas.

1. Vocabulary (Kosa Kata)
adalah kumpulan atau daftar kata dalam bahasa Inggris. Seperti one, cry, door, head, floor, elephant, lamp, tomato, dan masih sangat banyak lagi. Perbanyaklah menghafal perbendaharaan kosa kata, sehari 20-40 kata sudah cukup, lakukan secara rutin. Kita bisa gunakan kamus, atau menggunakan aplikasi kamus Inggris-Indonesia juga banyak bertebaran di play store bagi pengguna android.

2. Grammar
kita bicara sebagai orang awam. Grammar adalah cara pengaturan kalimat. Misalnya, pengaturan subjek You harus diikuti to be are, I diikuti am, He diikuti is, dll.
Bicara soal grammar tentunya tidak terlepas dari yang namanya structure. Structur merupakan pembentukan dan penyusunan kata-kata.
Contoh :
 1. Her love you.
 2. Love you she.

Apa yang salah dengan kedua kalimat di atas ?
Kalimat pertama, benar secara structure tapi salah secara grammar. Kalimat ke dua benar secara grammar tapi salah secara structure. Seharusnya ke dua kalimat tersebut she love you.

Dikutip dari tipsbelajarbahasainggris.com, grammar terdiri dari 8 bagian yang disebut dengan part of speech, yaitu :
 1.  Adjective (kata sifat)
 2. Adverb (kata keterangan)
 3. Conjunction (kata hubung)
 4. Determiner
 5. Noun (kata benda)
 6. Preposition (kata depan)
 7. Pronoun (kata ganti)
 8. Verb (kata kerja)

3. Tenses
seperti yang telah aku tuliskan di atas, tenses merupakan bagian dari verb (kata kerja). Tense adalah bentuk kalimat. Ada 16 jenis tenses, namun secara garis besar hanya ada 3 yaitu, Present, Past dan Future. Nah menurutku di sini asyik karena kita akan berkenalan sama yang namanya rumus.

Itulah 3 poin utama saat belajar bahasa Inggris menurutku, kita cukup memperbanyak perbendaharaan kata, mempelajari grammar serta tenses secara bertahap pasti mudah.

Tulisan ini akan terus diupdate hingga semua poin di atas memuat penjelasan.

Out Of Topic